Ciri-ciri Orang Bertakwa berdasarkan Q.S Ali Imran 134

Ciri-ciri orang yang bertakwa berdasarkan surat Ali-Imran ayat 134 adalah sebagai berikut:
1.       Orang yang menafkahkan hartanya baik dalam keadaan lapang maupun sempit, bersedekah maupun berinfak yang lebih utama adalah ketika seseorang bersedekah dalam keadaan kaya dan takut miskin. Secara logika, memang kebanyakan orang akan beranggapan akan lebih utama bersedekah dalam keadaan miskin karena sedang membutuhkan uang sehingga uang seribu rupiah pun terasa berat untuk dikeluarkan dan terasa sangat berarti untuk kebutuhan. Nah,tetapi seharusnya ingat kepada Allah tidak
hanya dalam keadaan miskin  saja. Ketika dalam keadaan miskin, kita lebih mudah mengingat Allah, bagaimana ketika dalam kondisi kaya? Banyak orang yang dapat lulus dengan ujian kemiskinan, tapi sedikit orang yang lulus ujian kekayaan.
2.       Orang yang mampu menahan amarah, ketka marah dengan berdiri maka duduk, ketika marah dengan duduk maka berwudhu, bila dengan wudu masih tetap marah maka sholat dua rakaat.
3.       Mudah memaafkan kesalahan orang lain, pernahkah kita bertemu dengan orang yang apabila dia datang seolah sangat menyebalkan? Dimata kita semua perilakunya dan perkataannya dalah menyebalkan. Nah, ketika kita pernah mengalami hal itu adalah indikasi bahwa kita sulit memaafkan orang lain.

4.       Merasa menyesal ketika berbuat salah atau dosa, indikasi ini muncul ketika ia melakukan kesalahan, ia merasa menyesal, kemudian ia bertaubat dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Ada sebagian orang yang di uji karena dosa-dosa nya, tapi ada juga yang di uji karena meninggalkan amalan sunnah. Kisah yang popular adalah saat penaklukan mesir di zaman khalifah Umar. Pasukan muslim tidak menang menang sampai berbulan-bulan, padahal biasanya tidak sampai berbulan-bulan musuh sudah bisa ditaklukan. Setelah diturunkan tim investigasi oleh khalifah umar, ternyata pasukan muslim meninggalkan satu amalan sunnah Rasul yaitu bersiwak. Khalifah umar mewajibkan pasukan muslim untuk bersiwak, setelah pasukan muslim melaksanakannya pasukan musuh ketakutan karena berpikir umat muslim sudah sangat beringas karena mulai mengasah giginya dengan siwak.

0 komentar:

Posting Komentar